Khasiat dan Manfaat Daun Peterseli untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Peterseli untuk Kesehatan – Daun Parsley atau peterseli dengan nama latin Petroselinum crispum merupakan daun berwarna hijau yang mirip dengan daun seledri dan daun ketumbar. Jika tidak teliti kita akan salah membedakan masing-masing dari daun tersebut.

Manfaat Daun Peterseli

Untuk membedakannya dengan daun seledri bisa mengacu pada bagian batangnya karena batang daun peterseli memiliki bentuk yang bundar dan halus berbeda dengan daun seledri yang memiliki batang bergerigi. Sedangkan perbedaan dengan daun ketumbar yaitu pada bagian daun yang lebih bundar dan dari segi warna daun ketumbar memiliki warna hijau yang lebih terang.

Daun Peterseli memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin C, B12, K, dan A. Artinya jika Anda mengkonsumsi daun ini akan bermanfaat untuk menguatkan sistem imun, tulang, dan sistem saraf Anda.

Khasiat dan Manfaat Daun Peterseli untuk Kesehata

1.Diet

Bagi yang sedang merencanakan program diet, peterseli adalah salah satu pilihan tepat untuk menurunkan berat badan Anda. Seperti yang dikutip dari Tdhealthyfood, efeknya yang mampu membakar lemak jahat di tubuh hingga empat kilogram hanya dalam waktu kurang dari seminggu.

Caranya yaitu dengan siapkan satu cangkir air yang sudah mendidih dan masukan sekitar 5 sendok daun peterseli yang sudah dicincang, biarkan ±15 menit dan saring sama halnya seperti membuat teh pada umumnya. Jika ingin, kamu bisa mengkonsumsi beserta daunnya. Tambahkan madu atau gula merah untuk menambahkan rasa manis. Konsumsi setiap pagi hari saat perut masih kosong untuk merasakan manfaatnya.

2.Penguatan Tulang

Dengan kandungan vitamin K dalam daun ini bisa bermanfaat untuk sistem yang berhubungan dengan penguatan tulang. Pada sebuah peneletian mengungkapkan bahwa kemungkinan vitamin K juga dapat berfungsi untuk pengobatan dan pencegahan penyakit Alzheimer atau penurunan daya ingat.

3.Menurunkan Resiko Kanker

Penelitian yang dilakukan di University of Missouri kandungan apigenin yang terdapat pada daun paterseli mampu memperlambat dan menyusutkan tumor kanker payudara tertentu dirangsang oleh progestin, hormon sintetis yang diambil oleh perempuan untuk mengatasi gejala menopause.

4.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dicuaca yang sedang tidak menentu dan sering berubah seperti sekarang ini kita dapat dengan mudah terserang penyakit flu dan pilek, kamu bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi daun ini. Hal ini didasarkan pada kandungan vitamin C dan B12 yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5.Pembersih Ginjal

Salah satu Manfaat Daun Peterseli adalah untuk kesehatan ginjal. daun peterseli memiliki sifat diuretik, yang artinya bisa bermanfaat untuk membantu menghilangkan kelebihan kandungan racun pada ginjal. caranya yaitu cincang halus daun peterseli lalu seduh bersama satu gelas air yang mendidih 10 menit. angkat dan diamkan hingga dingin. konsumsi ramuan teresbut setiap hari maka akan terasa efeknya yaitu keluarnya akumulasi garam dan racun lain ketika buang air kecil.

Efek Samping Daun Peterseli

Meski dengan mengkonsumsi daun peterseli mampu membantu kinerja ginjal dengan cara mengatur jumlah air yang berlebih, tetapi bagi Anda yang memiliki penyakit ginjal dan saluran kemih sebaiknya menghindari sayuran yang satu ini karena memiliki efek yang begitu kuat. Ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada ahli kesehatan Anda mengenai solusi yang tepat terkait masalah yang dihadapi. Selain itu, sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi berlebih daun peterseli bagi ibu hamil karena bisa mempengaruhi kesehatan janin.

Masih banyak Manfaat Daun Peterseli yang tidak bisa disebutkan satu per satu, daun ini bisa bermanfaat selama mengkonsumsinya dengan takaran dan cara yang tepat. Ada baiknya mengkonsultasikan kepada ahlinya terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Related to Khasiat dan Manfaat Daun Peterseli untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *