Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Manfaat Daun Pepaya – Pepaya merupakan pohon yang bisa dengan mudah kita temukan di negara kita karena jenis pohon ini dapat tumbuh subur tanpa memerlukan prawatan khusus. bahkan, jika kita dengan sengaja menyebar biji dari pepaya kedaerah basah tanaman tersebut akan dapat dengan mudah tumbuh.

Manfaat Daun Pepaya

Buahnya yang manis dan teksturnya yang lembut sering kali dimanfaatkan oleh orang-orang untuk mengobati masalah pencernaan terutama yang susah buang air besar, Hal ini karena buah pepaya mengandung enzim papain dan kaya akan serat, dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur niscaya kamu akan terhindar dari penyakit wasir.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Dari tanaman ini, ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa kita manfaatkan sebagai sarana kesehatan, tetapi daun hijaunya yang pahit dapat kita manfaatkan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan dan kecantikan, apa saja itu? berikut ulasannya.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Terkadang kita tanpa sengaja memasukan berbagai macam bakteri jahat yang merugikan perut, misalnya dari makanan yang kita konsumsi yang masih dipertanyakan kehiginiesannya, Senyawa karpain dari daun pepaya dapat menghambat jamur, cacing, parasit dan bakteri untuk tidak masuk dan mempengaruhi berbagai tubuh dan jaringan, Caranya sebagai berikut:

Siapkan Bahan Jamu Daun Pepaya

  1. 3 Lembar daun pepaya
  2. 0,5 ons temu ireng (temu hitam)
  3. 2 ruas Adas pulowaras
  4. Garam Secukupnya

Cara membuat Jamu Daun pepaya

Temu ireng kupas kulitnya, campurkan dengan adas pulowaras serta daun pepaya, ketiga bahan tersebut dicuci yang bersih kemudian tumbuk hingga halus Tumbukan tadi campur dengan air secukupnya, setelah itu diperas Air perasan tadi disaring ditaruh dalam gelas. tambahkan garam secukupnya dalam jamu tersebut saat akan diminum.

  • Mengurangi Nyeri Haid

Ramuan daun pepaya untuk meredakan nyeri haid sudah dilakukan sejak dulu, dengan memanfaatkan 1 lembar daun pepaya tambahkan asam jawa serta garam, kemudian campur dengan segelas air dan didihkan. Minumlah ramuan tersebut pada saat datang bulan.

  • Daun Pepaya Dapat Mengobati Jerawat

Manfaat daun pepaya juga efektif sebagai ramuan obat jerawat lho… jemur saja 2 lembar daun pepaya yang sudah tua hingga kering. kemudian tumbuk daun pepaya yang sudah kering tadi dengan kombinasi sedikit air hangat. setelah itu pakai ramuan atau hasil tumbukan tersebut sebagai masker untuk dibalurkan pada zona jerawat. diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

  • Menaikkan Trombosit Penderita Demam Berdarah

Selain jambu merah yang dipercaya bisa menaikan trombosit penderita demam berdarah, ternyata daun pepaya juga bisa melakukan hal itu. meski rasanya pahit,kandungan papain dan chymopapain didalamnya dapat bekerja dalam tubuh dengan meningkatkan jumlah trombosit secara signifikan.

Caranya Sebagai Berikut:

  1. Ambil 2 helai daun pepaya lalu bersihkan (hanya daun)
  2. Ditumbuk daun pepaya tersebut dan peras dengan saringan kain
  3. Minum ramuan tersebut di pagi dan sore hari
  • Menambah Nafsu Makan

Buat kamu yang ingin gemuk tetapi nafsu makanmu tidak banyak, coba konsumsi jamu dari daun pepaya ini untuk meningkatkan nafsu makanmu, caranya dengan memblender 1 daun pepaya yang sudah dicuci bersih kemudian saring airnya masukan ke gelas, tambahkan seikit garam dan konsumsi dipagi hari setiap hari.

  • Mengobati Cacingan

Sepeti yang sudah dijelaskan diatas mengenai keampuhan daun pepaya untuk pencernaan, Daun pepaya didalamnya terdapat carpaine yang bisa menghancurkan parasit. Buatlah seduhan dari 15 gram daun pepaya kering dan 250 ml air panas. Jika mau tambahkan madu sebagai perasa.\

  • Kecantikan Rambut

ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai kondisioner alami, dengan memadukan santan atau madu sebagai bahan utamanya akan membuat rambut menjadi berkilau.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah melahirkan

  • Mengusir Ketombe

Meski tidak banyak, nyatanya juga terdapat produk pengusir ketombe yang menggunakan ekstrak daun pepaya sebagai bahan utamanya.

  • Efek Samping Mengonsumsi Daun Pepaya

Meski daun pepaya memiliki banyak kandungan dan zat yang baik untuk tubuh, tetapi perlu diperhatikan khususnya bagi penderita hipertensi pada ibu hamil, karena dapat meningkatkan darah tinggi pada ibu hamil.

Demikian artikel tentang Manfaat Daun Pepaya yang belum banyak orang tahu, meskipun ulasan diatas hanya sedikit dari banyaknya manfaat dari daun pepaya yang sebenarnya, jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke yang lainnya ya biar semua tahu.

 


Related to Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *