5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Tanpa Diwarnai

5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Tanpa Diwarnai –  Tidak perlu khawatir bagi anda yang masih muda akan rambut beruban, lantaran biasa terjadi pada wanita yang sudah berumur tua. Tetapi tidak jarang remaja yang rambutnya beruban. Namun, bagi mereka wanita yang masih berkarir pada usia 40 tahun lebih akan menimbulkan masalah besar. Setidaknya kehadiran rambut uban tersebut dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri.

5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Tanpa Diwarnai

Pada dasarnya rambut beruban termasuk petanda bahwa umur sudah tidak muda lagi. Akan tetapi bagi anda yang mengalami rambut uban muncul di usia muda bisa disebabkan oleh beragam faktor seperti sering memakai minyak rambut, akibat stres, faktor genetika hingga kekurangan asupan gizi dan vitamin. Jika seperti itu, anda harus merubah pola hidup lebih baik. Selain itu, lakukan cara berikut ini dalam mengatasi rambut beruban.

5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Tanpa Diwarnai

  1. Biji Pepaya

Biji pepaya dapat menghilangkan rambut beruban dan menghambat pertumbuhan rambut sekalipun. Anda hanya memerlukan butiran biji dari satu buah pepaya. Cucilah hingga bersih. Biji tersebut disangrai dalam penggorengan. Tumbuklah setelahnya hingga menghalus. Tambahkan minyak kelapa pada biji pepaya tersebut. Balurkan pada rambut dengan merata. Tutup rambut anda menggunakan handuk atau shower cap. Tunggu  mengering selama 2 jam dan bilas bersih.

Baca Juga: Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

  1. Daun Rambutan

Menurut penelitian medis daun rambutan dapat menghitamkan rambut dan menghalangi risiko pertumbuhan uban. Hal ini karena terdapat kandungan berupa Tannin, Saponin dan Polifenol sehingga dapat memproduksi pigmen rambut secara optimal. Adapun caranya adalah dengan menumbuk beberapa daun rambutan hingga halus. Campurkan sedikit sedikit air dan aduklah merata. Peras air pada daun rambutan dengan lap bersih. Gunakan air perasan untuk dioleskan pada rambut dan diamkan selama 30 menit, barulah dibilas.

  1. Lemon dan Minyak Kelapa

Antara lemon dan minyak kelapa mampu meningkatkan produksi melanin, sehingga bisa membuat rambut semakin lebih hitam sekaligus memperkecil laju tumbuh uban. Kombinasikan air lemon dan minyak kelapa secukupnya. Sebaiknya diaduk sampai bahan merata. Terapkan pada seluruh bagian rambut sambil dipijat-pijat secara perlahan. Kemudian, biarkan selama 15 hingga 30 menit dan bilas setelahnya dengan air bersih.

  1. Ampas Teh

Ampas teh yang digunakan dalam mengatasi rambut uban adalah setelah didiamkan selama satu hari. Kemudian, anda bisa menerapkannya sebagai perawatan rambut uban dengan mencampurkan sedikit garam ke ampas teh tersebut. Harus dioleskan secara merata ke rambut dan kulit kepala. Abaikan selama 1 jam, lantas cucilah dengan berkeramas memakai shampo. Lakukan secara rutin agar maksimal.

  1. Yogurt

Yogurt termasuk salah satu bahan Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban secara alami. Kandungan zat di dalamnya dapat menghitamkan rambut kepala anda. Buatlah masker rambut dari yogurt tanpa rasa (hambar) yang telah disiapkan dahulu. Barulah anda menambahkan lada hitam dan kopi bubuk. Usapkan ke daerah rambut sampai meresap ke kulit kepala dengan mendiamkan selama 1 jam. Keramas setelahnya dengan shampo.

Menghindari Uban di Usia Muda

Bagi kamu yang masih muda namun sudah tumbuh beberapa uban sebaiknya kamu menghindari beberapa faktor penyebab munculnya uban berikut ini.

Keramas

Keramas memang baik untuk kebersihan dan kesehatan rambut, akan tetapi jika keramas melebihi batas yang dianjurkan akibatnya juga akan buruk, oleh sebab itu keramaslah maksimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat tanpa menimbulkan efek samping seperti munculnya uban.

Merokok

Kamu seorang perokok dan saat ini beruban di usia muda? jika tidak ingin beruban di usia sedini ini sebaiknya berhenti dari kebiasaan buruk tersebut, menurut hasil survey resiko remaja yang merokok lebih beresiko tumbuh uban di usia muda lho… 

Kurangi Stres

Faktanya, tubuh akan mengalami perubahan hormon ketika kita sedang stres dan hal ini untuk beberapa orang akan berdampak munculnya uban pada usia muda.

Jangan Cabut Uban

Meski belum diketahui kebenarannya, banyak yang beranggapan bahwa mencabut uban hanya akan menambah uban itu sendiri pada area uban yang di cabut, akibatnya uban akan berkumpul di satu tempat dan semakin banyak, menakutkan bukan?

Setelah anda membaca 5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Yang Beruban yang telah disebutkan satu persatu. Ada baiknya, untuk diaplikasikan salah satunya saja asalkan dilakukan secara rutinitas dalam keseharian anda.


Related to 5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Tanpa Diwarnai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *